Perbaikan Jalan di Jember Selesai Dua Pekan Sebelum Lebaran

Perbaikan Jalan di Jember Selesai Dua Pekan Sebelum Lebaran

Jember (beritajatim.com) – Perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Jember sudah berjalan. Targetnya, lima belas hari sebelum lebaran selesai.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur Ahmad Hadinuddin mengatakan, tak ada kendala dalam proses penganggaran dan tender, sehingga pekerjaan bisa dilaksanakan. “Bahkan proses pembiayaan mencapai 30 persen, pekerjaannya sudah ada yang 70-80 persen. Artinya sudah bagus,” katanya.

Titik jalan di Jember cukup banyak. “Targetnya 90 persen selesai untuk mengamankan mudik lebaran,” kata Hadinuddin.

DPRD Jatim juga meminta evaluasi terhadap jalan di Kecamatan Puger yang dilalui kendaraan berat dari penambangan batu gamping dan semen. “Kami evaluasi per tahun berapa dana yang digunakan untuk perbaikan jalan. Nanti sudah kami temukan, akan kami sinkronkan dengan proses perizinan terkait pertambangan di Puger,” kata Hadinuddin.

“Jangan sampai pendapatan asli daerah yang didapat pemerintah kabupaten nilainya tidak sebanding dengan anggaran perbaikan jalan yang dikeluarkan pemerintah provinsi,” kata Hadinuddin.

Anggaran untuk perbaikan jalan di Puger oleh Pemprov Jatim mencapai Rp 1,5 miliar. “Tapi PAD yang diperoleh Jember dari sana hanya kurang lebih Rp 1 miliar. Jadi minus,” kata Hadinuddin.

Hadinuddin meminta satuan kerja yang mengelola energi dan sumber daya mineral di Kabupaten Jember mengevaluasi tambang-tambang di Puger. “Kalau bisa duduk bareng dengan pengusaha tambang, dinas ESDM di sini, dinas pendapatan di sini, Komisi D, dan Dinas ESDM Provinsi Jatim. Tambang harus ramah sosial, ramah lingkungan, juga harus ramah PAD dong, karena adanya tambang salah satu unsur pokoknya adalah meningkatkan PAD di kabupaten,” katanya. [wir]

Share