Nilai Keterbukaan Informasi Pemkab Jember Masih Jeblok

Nilai Keterbukaan Informasi Pemkab Jember Masih Jeblok

Jember – Komisi Informasi Jawa Timur menilai keterbukaan informasi Pemerintah Kabupaten Jember masih di bawah harapan.

“Dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, hanya 21 kabupaten dan kota yang masuk kriteria penilaian,” kata Ketua Komisi Informasi Jatim Ketty Tri Setyorini. Pemerintah kabupaten dan kota yang memiliki nilai di atas 50 akan dikunjungi oleh KI untuk dinilai lebih lanjut. Sementara yang memiliki nilai di bawah 50 tidak akan dikunjungi.

Penilaian ini merupakan bagian dari kegiatan evaluasi dan pengawasan oleh Komisi Informasi untuk melihat kemajuan dan perkembangan keterbukaan informasi di Jawa Timur. Pemerintah kabupaten, kota, organisasi perangkat daerah pemerintah provinsi, Komisi Pemilihan Umum daerah, Badan Pengawas Pemilu seluruh Jawa Timur dievaluasi.

Dua tahun terakhir, Kabupaten Jember berada di peringkat buncit dari 38 kabupaten dan kota di Jatim. “Harapan saya tahun ini ada perubahan signifikan. Kalau dulu Jember tidak punya Dinas Komunikasi dan Informasi, setelah dua tahun adanya undang-undang tentang penataan SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) baru, wajib hukumnya sebuah kabupaten dan kota punya Dinskominfo,” kata Setyorini.

Dinkominfo ini mengerjakan semua urusan terkait keterbukaan informasi maupun pengelolaan jaringan situs resmi pemerintah daerah. “Tapi tahun ini belum ada tanda-tanda pembenahan (di Jember),” kata alumnus Fakultas Sastra Universitas Jember ini.

Komisi Informasi sudah mengirimkan kuisioner kepada Pemkab Jember untuk menilai sendiri kinerja keterbukaan informasi mereka. “Setelah hasil kuisioner dikembalikan ke Komisi Informasi dan kami melakukan cek penilaian terhadap website yang dimiliki Pemkab Jember, ternyata Jember tidak memenuhi kriteria penilaian, sehingga tidak kami kunjungi,” kata Setyorini.

Namun Pemkab Jember masih bisa berbangga. Ini katena Desa Sumbersalak yang diusulkan sebagai desa unggulan dalam hal keterbukaan informasi memenuhi kriteria untuk dikunjungi dan dinilai langsung oleh Komisi Informasi

SUMBER

Share