Tambah Anggota PPK, KPU Jember Gelar Uji Publik

Tambah Anggota PPK, KPU Jember Gelar Uji Publik

Jember – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, memulai proses seleksi anggota baru untuk 31 panitia pemilihan kecamatan, Senin (12/11/2018). Setiap kecamatan akan mendapat tambahan dua anggota baru.

“Kami tidak melakukan rekrutmen terbuka lagi, tapi mengambil dari cadangan PPK pemilihan gubernur kemarin. Mereka akan kami assessment,” kata salah satu komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi.

Sebenarnya semula anggota PPK berjumlah lima orang. Namun saat pilgub, ada aturan yang mengharuskan pengurangan jumlah anggota PPK menjadi tiga orang. Kali ini dalam pemilihan umum, jumlah anggota PPK kembali menjadi lima orang sebagai konsekuensi hasil putusan Mahkamah Konstitusi.

Nantinya KPU Jember akan menilai tujuh orang calon anggota PPK, dua orang di antaranya adalah anggota PPK lama yang terkena evaluasi dalam pilgub kemarin. “Wawancaranya nanti diacak. Setiap kecamatan seharusnya tujuh orang calon. Tapi ada kecamatan yang tidak memiliki tujuh calon, karena anggota PPK yang sudah dua periode kan tidak masuk, karena sudah tak penuhi persyaratan,” kata Hanafi.

Dari aspek penyelenggaraan, lima anggota PPK menguntungkan KPU Jember. “Saat tahapan pemungutan suara, kami butuh banyak personel. Oleh karena itu kami sangat terbantu oleh keputusan ini. Apalagi sekarang pemilunya serentak, sehingga tingkat beban kerja PPK lebih berat daripada sebelumnya,” kata Hanafi.

KPU Jember akan mengumumkan kepada publik calon PPK tambahan. KPU ingin memperoleh informasi terbaru terkait para kandidat. “Kami ingin tahu agar tidak ada calon yang partisan, menjadi anggota partai politik atau tim sukses peserta pemilu. Kami ingin masukan dari masyarakat untuk meminimalisasi potensi dua PPK tambahan dari unsur partisan,” kata Hanafi

SUMBER

Share