UNMUH JEMBER MENGIKUTI PELATIHAN PRODUKSI SIARAN TELEVISI tvMu

UNMUH JEMBER MENGIKUTI PELATIHAN PRODUKSI SIARAN TELEVISI tvMu

Jakarta ā€“ Jum’at-Sabtu (14-15/10/2016), Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan tvMu Amal Usaha Muhammadiyah bidang pertelevisian menyelenggarakan pelatihan produksi siaran televisi.

Kegiatan pelatihan pertelevisian dibuka oleh Ketua MPI PP Muhammadiyah, Dr. Mukhlas, MT yang dihadiri oleh perwakilan MPI berbagai wilayah daerah maupun delegasi kontributor dari kampus Muhammadiyah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Mukhlas menjelaskan pentingnya dakwah Muhammadiyah melalui media televisi. MPI memiliki peran penting dalam hal dakwah amar ma’ruf nahi munkar tersebut yang salah satu wujudnya dengan mengadakan pelatihan produksi siaran televisi.

Sementara itu, Edy Kuscahyanto Direktur Eksekutif tvMu menerangkan bahwa media televisi Tv Muhammadiyah yang lahir 18 November 2013 ini sebagai wujud pelaksanaan amanat Muktamar Muhammadiyah.

“tvMu kedepan diharapkan menjadi sumber informasi dan motivasi yang cerdas, imbang dan memberikan nilai tambah bagi warga persyarikatan. Selain itu tvMu nantinya akan dapat melakukan kontrol sosial serta kritik santun yang berbasis Islam berkemajuan,” jelas Edy.

Dalam kegiatan pelatihan yang berlokasi Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya 62 di Aula KH. Ahmad Dahlan. Universitas Muhammadiyah Jember juga turut berpartisipasi mengirimkan delegasi sebanyak 2 orang. Awit Istighfarin, mahasiswi Fisipol Prodi Komunikasi dan Aditya Dimas Pratama, S.I.kom yang merupakan staf SSC Unmuh Jember.

Awit Istighfarin yang biasa dikenal dengan Farin, mahasiswi pebisnis jilbab online tersebut merupakan salah satu tim jurnalis web kampus, sedangkan Aditya Dimas merupakan tim dokumentasi event-event yang diselenggarakan di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Jember.

Keikutsertaan kedua delegasi Unmuh Jember tersebut diantaranya memberikan mandat sebagai perwakilan kontributor daerah sebagai biro jember dengan konten isi berita untuk tayangan tvMu. Kedua, materi yang disampaikan mencakup ‘production house’ untuk televisi, penulisan berita, video jurnalis, Editing Video dan praktek pembuatan produksi berita.

Terakhir, Farin dan Dimas diperkenalkan tentang cara produksi tvMu dan syarat-syarat ketentuan seputar kelayakan konten untuk ditayangkan kepada Publik. Karena diharapkan setelah mengikuti pelatihan singkat tersebut diharapkan delegasi setiap daerah dapat mengirimkan konten berita dan semacamnya untuk tvMu dan dapat menjadi jurnalis tvMu dalam jangka panjang.

Dalam acara pelatihan produksi televisi ini, MPI PP Muhammadiyah juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya LazisMU pusat, bukumu.com dan inspirasi.com. Kerjasama ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan budaya literasi di bidang pustaka dan penerbitan. (ADP,MN)

Share