Mau Sehat? Jangan Malas Jalan Kaki!

Mau Sehat? Jangan Malas Jalan Kaki!

Seperti halnya uang, kesehatan nggak begitu saja jatuh dari langit. Untuk mendapatkan tubuh yang bagus dan sehat nggak harus ikut nge-gym atau kelas-kelas olahraga yang biayanya selangit. Cara paling murah meriah dan mudah untuk sehat ya cukup dengan jalan kaki.

Pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya dua setengah jam untuk melakukan olah raga sedang – seperti jalan kaki santai, bersepeda santai atau sekedar berkebun di halaman – agar tubuh tetap sehat. Berjalan-jalan santai di sekitar rumah selama sepuluh menit atau lebih setiap hari juga sudah cukup baik untuk tubuh.

Mengapa kebiasaan jalan kaki santai baik untuk kesehatan?

Jalan kaki adalah salah satu bentuk latihan aerobik. Latihan ini meningkatkan detak jantung untuk waktu yang lebih panjang. Dengan begitu kebiasaan berjalan kaki membantu memperkuat jantung, paru-paru, dan otot.

Jantung yang sehat bisa memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Bentuk latihan aerobik yang satu ini juga mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. Bagi yang ingin mengurangi berat badan, jalan kaki juga membantu pembakaran kalori.

Untuk memulai kebiasaan berjalan kaki memang tidaklah mudah, terutama mereka yang tidak terbiasa. Namun, selama ada kemauan maka kebiasaan tersebut mudah saja dibentuk. Berikut tips memulai kebiasaan berjalan kaki:

Jadwalkan waktu berjalan kaki sehari-hari. Misalnya, jalan kaki santai sepuluh menit saat berangkat kerja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, parkirlah kendaraan agak jauh dari kantor agar bisa berjalan kaki.

Ajak keluarga, teman atau teman kerja untuk berjalan kaki. Berjalan kaki sendiri dengan berjalan kaki bersama dengan orang-orang terdekat tentu berbeda rasanya. Ajaklah mereka untuk bergabung dengan Anda. Tentunya acara jalan kaki seperti ini hanya bisa dilakukan saat libur atau weekend.

Unduh aplikasi pedometer. Sekarang sudah banyak aplikasi pedometer yang bisa diunduh secara gratis. Gunakan aplikasi tersebut untuk menghitung dan menargetkan berapa banyak langkah kaki yang ingin Anda capai dalam sehari. Adanya target membuat aktivitas jalan kaki jadi lebih termotivasi.

Selalu perhatikan jalan, jangan sampai Anda tersandung. Agar lebih aman, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menjalankan program jalan kaki santai karena tidak semua kondisi tubuh individu sama.

Sumber

Share